|

Polisi Banyumas Dilibatkan dalam Pengawalan Soal UN


PURWOKERTO, (PRLM).- Polisi akan dilibatkan dalam pengawalan soal ujian nasional SLTA yang akan diselenggarakan Senin (18/4). Naskah soal akan dikawal ketat petugas kepolisian. sejak dikirim dari percetakan di Kudus hingga ke Banyumas Jawa Tengah, pengawalan polisi ini untuk menghindari kebocoran soal UN.
"Sejak dari kantor pencetakan soal di Kudus hingga Banyumas akan dikawal oleh polisi," kata Kabid Dikmen Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Apenk Sunarto MPd, Jumat (15/4).
Bahkan untuk menghindari kebocoran selama waktu distribusi, pengiriman naskah soal dengan pelaksanaan ujian, juga dibuat sangat pendek. ''Naskah soal tersebut, baru akan sampai di Banyumas Sabtu (16/4), langsung didistribusikan ke masin-masing rayon," jelasnya.
Ada lima titik sub rayon lokasi penyimpanan soal sebelum didistribusikan langsung ke sekolah-sekolah. ''Untuk penyelenggaraan ujian ini, kita membagi wilayah Banyumas menjadi lima rayon. Nantinya, naskah soal dari percetakan di Kudus, langsung dikirim ke posko sub rayon tersebut, di tempat penyimpanan ini juga dilakukan penjagaan ketat,'' tambahnya.
Dinas sudah berkoordinasi dengan Polres Banyumas untuk pengawalan naskah UN, untuk teknis pengawalan pihak dinas sudah menyerahkan kepada aparat. Pengiriman ke sekolah-sekolah yang akan menyelenggarakan ujian, akan dilaksanakan mulai Senin (18/4) pagi. ''Pukul 07.00, naskah soal tersebut sudah sampai di sekolah-sekolah penyelenggara ujian. Naskah soal itu, tidak dikirim sekaligus untuk semua mata pelajaran yang diujikan. Tapi dikirim setiap hari, sesuai dengan mata pelajaran yang
diujikan pada hari itu,'' jelasnya
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Santosa Eddy Prabowo menambahkan bahwa seluruh persiapan menghadapi UN sudah dilaksanakan sekolah-sekolah di Banyumas. ''Semuanya sudah siap, hanya tinggal pelaksanaannya saja,'' katanya.
Dia menyebutkan, jumlah peserta UN tingkat SMA/MA/SMK di Kabupaten Banyumas tahun 2011 ini, ada 15.195 siswa yang terbagi dalam 111 sekolah penyelenggara UN. Jumlah itu terdiri dari 5.975 siswa kategori SMA/MA/SMALB dengan 44 sekolah penyelenggara dan 9.220 siswa SMK dengan 57 sekolah penyelenggara. (A-99/das)***

http://www.pikiran-rakyat.com/node/141809

Posted by MGMP BAHASA INDONESIA SMA/MA BANYUMAS on 08.53. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response